Tuesday, June 16, 2015

Resep Uta Palumara Khas Bima

sumber gambar: layalli.wordpress.com (untuk gambar sementara ambil dr sumber lain sampai nanti ku buat sendiri ya soalny setiap masak belum pernah di foto hihi)

Hmmm.. Belum nulis apa-apa tapi segar and yummy nya masakan daerahku yang satu ini sudah terasa nempel banget di lidah ^_^'.  Sebenarnya banyak sumber yang menyatakan ikan palumara itu khas Makasar tapi liat-liat resepnya sedikit berbeda dengan ikan palumara yang sering ku masak di rumah (Bima) jadi aku nulisnya khas Bima aja semoga gak ada yang protes ya soale yang mau aku posting ini yang versi Bima and biasa aku masak. ^_^

Ramadhan kali ini mungkin full gak bisa pulkam jadi menulis resep masakan wajib berbuka puasa berharap akan sedikit mengobati kerinduan ( faktanya malah makin kangen sih sebenarnya.. hehe...)... gurih dan seger rada-rada kecut yang berasal dari asam atau belimbing sayurnya bener-bener bikin makan jadi nambah dan nambah lagi... Well, langsung saja resepnya versi yang selalu aku masak di rumah. Bahannya murah dan sederhana gak pake ribet dan gak pake lama ^_^. Ikannya bisa pakai ikan apa saja ya. Tapi aku biasanya pake bandeng, kakap merah, kembung, cakalang, Ikan Pe dan ikan kuwe.

Bahan:

  • Ikan bandeng segar 2 ekor ukuran sedang atau ikan lain sesuai selera .
  • Bawang merah 3 siung (iris tipis)
  • Bawang putih 2 siung (iris tipis)
  • Cabe rawit merah 4 buah (sesuai selera) (iris)
  • Tomat 1 buah ukuran sedang (potong-potong)
  • Asam jawa secukupnya (Bisa diganti belimbing wuluh)
  • Kunyit (Bisa yang bubuk atau yang masih utuh) kalo kunyit bubuk sekitar 1/2 sdm
  • Bawang Goreng
  • Garam secukupnya
  • Pataha doro (sejenis daun kemangi tp bhsa indonesianya apa ya?? hahaha pake kemangi biasapun tak apa walau cita rasanya beda sih)
  • Penyedap (boleh di skip jika tak suka)
  • Air Putih kurleb 600 ml
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:
  1. Potong-potong ikan dan keluarkan isi perut terutama bagian empedu (biasanya berupa cairan yang dilapisi selaput tipis. letaknya dekat hati atau bagian belakang hati ikan. Jika tidak dikeluarkan ikan akan pahit dan juga hati2 selama mengeluarkan karena mudah pecah kalau tidak mau ambil resiko ya keluarkan aja semua bagian dalam perut serta insangnya). tapi kalau ikan segar fresh from the sea biasanya aku cuma ngeluarin empedunya aja, bagian perut lain seperti hati, usus, dan telurnya kubiarin soale enak :D. Owh iya, bagi ikan yang bersisik jangan lupa bersihkan sisiknya ya.
  2. Setelah dipotong-potong cuci bersih dan dicampur dengan kunyit, garam dan air asam. Sisihkan.
  3. Tumis semua bumbu yang di iris hingga harum/layu. Masukkan ikan, pataha doro/daun kemangi dan air. Masak hingga airnya mendidih.
  4. Setelah mendidih masukan garam dan penyedap (jika suka) dan jangan lupa koreksi rasa. aku biasanya tambahin lagi asamnya biar sedikit kecut jadinya segar asal jangan kebanyakan ya.
  5. Jika sudah mendidih maka siap disajikan. Taburi bawang goreng biar lebih mantap.
Gampangkan.... rasanya gurih dan sedikit kecut segar dari asamnya, kalo aku suka yang pedas jadi cabenya ku banyakin dan gak dipotong2 alias utuh karena orang-orang dirumah gak begitu suka pedas, pas makannya cabe tinggal dihancurin di piring kita atau di gigit langsung.Aroma pataha doronya seger bgt. Owh iya aku pernah baca resep ikan palumara di internet ada juga yang pakai kemiri, merica ataupun bumbu lainnya tapi aku sukanya yang resep di atas soale rasanya ringan di lidah. Sederhana tapi tetap maknyuss ^_^. Sedihnya selama di jogja aku belum pernah mempraktekannya gegara beli ikan di pasar tradisional pada bau lumpur jadi malas ngolahnya padahal pernah di masak bumbu bali yang bumbunya banyak itu tapi tetap masih bau lumpur, di rendam air jeruk. pake kunyit, tetap bau lumpur, katanya harus dilumuri tepung maizena tp belum praktek :p. Ibuku pernah pas main ke jogja masak palumara ikan nila tapi tetep g enak, ikannya bau lumpur ^_^.

2 comments:

  1. Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat. Jika anda gemar memancing, kunjungi website kami untuk tahu rahasia mendapat hasil ikan Mas berlimpah http://tokoaquatic.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan

Template by:

Free Blog Templates